Tips

Manfaat Memorisasi Al-Quran

Sebagai Muslim dan pengikut AhlulBayt (as), kita semua tahu nilai Al-Qur’an, sangat menyadari kalimat terkenal yang diucapkan oleh Nabi (sawa) dalam khotbahnya di Ghadir Khum: “Aku meninggalkan di antara kalian berdua yang berbobot. hal-hal, Kitab Allah dan Progeni saya; jika Anda berpegang teguh pada mereka, Anda tidak akan tersesat… kedua orang ini tidak akan pernah terpisah satu sama lain sampai mereka bertemu di air mancur surgawi Kawthar. ”Berpegang teguh pada Al-Quran dan Ahlulbait (as) adalah cara yang kami dapat menjamin keselamatan kita. The AhlulBayt(As) sendiri dikenal sebagai Al Qur’an yang berjalan dan berbicara dan, menjadi teladan kita dalam setiap aspek kehidupan, kita semua ingin meniru mereka. Manfaat Surat Al Ikhlas Kita dapat meniru mereka dalam hal ini dengan memasukkan firman Allah ke dalam kehidupan kita sehari-hari dan secara aktif berusaha untuk membiasakan diri kita dengan kitab-Nya.

Manfaat Memorisasi Al-Quran

Salah satu sarana yang melaluinya kita dapat meningkatkan spiritualitas kita adalah dengan meluangkan waktu untuk menghafal ayat-ayat Al-Qur’an. Nabi Muhammad (s) telah berkata, “Jumlah tingkatan di Surga adalah (setara dengan) jumlah ayat-ayat dalam Al Qur’an. Jadi, ketika seorang qari Al-Quran masuk ke Surga, itu akan dikatakan kepadanya: ‘Naik satu tingkat untuk setiap ayat yang dapat Anda baca.’ Dengan demikian, tidak ada yang akan berada pada tingkat yang lebih tinggi daripada orang yang telah menghafal seluruh Al-Quran. ”Imam Ali as juga mengatakan,“ Bacalah Al-Qur’an dan minta bantuan darinya karena Allah Yang Maha Tinggi tidak akan menghukum orang yang telah menghafal Al-Quran (dan memilikinya di dalam hati seseorang). ”

The AhlulBayt (as) terus-menerus mendorong orang untuk membaca Al-Quran secara teratur dan lebih penting lagi, untuk bertindak berdasarkan ajarannya. Ada sedikit manfaat dalam menghafal jika dilakukan dengan niat yang salah atau jika ayat-ayat itu tidak ditindaklanjuti. Di bawah ini tercantum beberapa manfaat yang orang dapat tuai jika dia menghafal Al-Quran dengan niat murni dan mengikuti metode aplikasi yang tepat. Metode menghafal, tip, dan teknik yang tepat akan insyaAllah diliput di bagian dua.

Pemurnian Jiwa: Untuk mencapai tingkat kesempurnaan dan kedekatan yang lebih tinggi dengan Pencipta kita adalah tujuan akhir dari kehidupan. Ini adalah tujuan yang kami harapkan untuk dicapai dengan setiap tindakan kami di dunia ini. Satu-satunya cara agar kita bisa mendapatkan kedekatan kepada Allah (swt) adalah dengan memurnikan jiwa kita.

Nabi Suci (s) telah berkata, “Hati berkarat seperti besi berkarat; dan memang mereka dipoles melalui pembacaan Quran. ”

Membaca Al-Quran secara teratur adalah cara untuk membersihkan jiwa kita. Kami selalu mencari cara untuk meningkatkan spiritualitas kami dan membentuk hubungan dengan Pencipta kami dan tidak ada cara yang lebih baik untuk melakukan ini selain melalui kata-kata-Nya sendiri. Sebagaimana Imam Ali as, berkata, “Ketika saya ingin berbicara dengan Allah, saya berdoa. Ketika saya ingin Dia berbicara dengan saya, saya membaca Al-Quran. ”Ayat-ayat Al-Qur’an secara konstan mengingatkan kita akan Tuhan kita dan tujuan kita yang sebenarnya. Secara konsisten membacanya akan menjauhkan kita dari yang pelupa dan lalai. Jika Anda memiliki ayat-ayat dari hafalan Al-Quran, Anda memiliki keuntungan untuk dapat mengingat mereka setiap saat selama hari Anda, apakah Anda mungkin memiliki salinan Al-Quran dengan Anda atau tidak.

Tingkatkan Pengetahuan Anda:Hidup di era di mana Islam menjadi semakin terstigmatisasi, perlu bahwa kita mendapat informasi yang baik tentang agama kita sehingga kita dapat mempertahankannya. Kita perlu tahu bagaimana menjawab pertanyaan tentang keyakinan kita. Menjadi akrab dengan ayat-ayat Alquran akan memberi Anda tangan atas dalam perdebatan dan diskusi, memungkinkan Anda untuk membantah orang-orang yang menuduh Muslim tindakan atau keyakinan tertentu. Al-Qur’an juga merupakan dasar dari semua praktik keagamaan kita; semua ulama besar kami mengambil keputusan Islam berdasarkan dari ayat-ayat Kitab Suci ini. Membiasakan diri dengan ayat-ayat Al Qur’an akan membuka banyak pintu bagi kita dalam hal ini. Kami akan lebih mampu memahami masalah kontemporer dan historis dalam agama Islam. Jika Anda bukan seorang pembicara Arab, secara konsisten membaca, mendengarkan, dan akhirnya menghafal ayat-ayat Al-Qur’an dalam bahasa Arab dengan terjemahan bahasa Inggris yang menyertainya akan meningkatkan pemahaman Anda tentang bahasa Arab. Anda akan mengambil kata dan kalimat dan ini akan memungkinkan Anda untuk lebih memahami bahasa Arab yang digunakandua (permohonan), hadits (narasi), khotbah, buku-buku agama, dll. Ini sendiri akan membuka banyak peluang.

Manfaat Duniawi: Tidak ada keraguan bahwa membiasakan diri dengan Al-Quran memiliki manfaat yang tak terbatas di akhirat. Tapi bagaimana dengan kehidupan ini? Nabi Muhammad (s) telah mengatakan: “Tempatkan sebagian dari Quran di rumah Anda, karena pasti akan datang kepada orang-orang dari rumah itu di mana Quran dibaca, kebaikan akan meningkat, dan penduduk akan diberi karunia yang berlebihan. ”Menghafal Al-Quran membutuhkan banyak disiplin dan manajemen waktu yang patut dicontoh. Kedua keterampilan ini dapat sangat membantu baik dalam aspek akademik dan profesional dalam kehidupan seseorang. Jika Anda memiliki keterampilan ini, Anda bisa unggul dalam bidang apa pun, entah itu sekuler atau agama. Hafalan Al-Quran juga memungkinkan Anda untuk meningkatkan ingatan Anda secara umum, yang sangat berguna bagi siswa.

Poin-poin yang disebutkan di sini hanyalah pratinjau kecil dari manfaat apa yang dapat diperoleh seseorang dengan menghafal Al-Quran. Tingkat sejati dari berkat-berkat yang terdapat dalam Al-Qur’an mungkin tidak pernah dipahami oleh akal manusia. Dikatakan bahwa pada Hari Kiamat, Al Qur’an akan memiliki kemampuan untuk bersyafaat. Dengan menghafal Al-Quran, kita akan membentuk hubungan dengan Kitab Suci ini dan karenanya memperoleh syafaatnya. Imam Ali (as) menyatakan dalam Khotbah 176 dari Nahjul Balagha: “Ketahuilah bahwa itu [Al-Quran] adalah seorang pembicara yang bersaksi … Karena siapa pun yang menginterpretasikan Quran pada Hari Kiamat, intersesinya untuk dia akan diterima.” Izinkan kami untuk mengambil poin-poin yang disebutkan di atas sebagai insentif untuk mempelajari Al-Quran. Beberapa metode dan tips mengenai menghafal Al-Quran akan menjadi fokus dari bagian kedua artikel yang akan datang, insya Allah.

Join The Discussion