kesehatan

Manfaat Daun Jarak Yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Daun Jarak merupakan salah satu tanaman semak berkayu besar yang dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan beriklim tropis seperti Indonesia. Tanaman jaraj ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya yaitu memiliki daya tahan yang kuat dalam kondisi lingkungan yang sangat kering serta mudah dibudidayakan terutama dengan menggunakan teknik stek sehingga membuat tanaman ini dapat berkembang dengan cepat ke berbagai daerah. Di indonesia tanaman ini dikenal dengan beberapa nama seperti hudeg di Sunda, tondo utomene di Sulawesi, jarak pager di Jawa dan Bali, jarak pageh di Nusa Tenggara dan lain-lain.

Perlu untuk anda waspadai walaupun daun jarak ini sudah dikenal berguna untuk bahan obat tradisional namun daun jarak ini juga mengandung zat racun yang berupa zat ricin. Tanaman jarak ini diperkirakan berasal dari daerah Amerika tepatnya di sekitar Meksiko bagian selatan yang mempunyai keanekaragaman hayati yang tinggi layaknya seperti di hutan hujan amazon. Untuk penyebaran tanaman jarak ini dibantu oleh para penjelajah yang berasal dari Eropa terutama dari bangsa Portugis dan bangsa Spanyol. Sementara masuknya ke indonesia dibawa oleh tentara jepang pada masa penjajahan.

Dalam pemanfaatannya, bagian yang paling banyak dimanfaatkan saat ini adalah bagian bijinya. Jika pada jaman dahulu biji dari buah jarak dimanfaatkan sebagai semacam detergen pencuci pakaian karena dapat menimbulkan buih layaknya detergen ketika digosok gosokkan. Sementara di era modern ini biji dari buah jarak pemanfaatannya diolah menjadi minyak yang dapat berguna sebagai sumber bahan bakar alternatif (biodesel) di masa depan mengingat kandungan minyak di dalam perut bumi semakin menipis.

Kandungan Jarak Yang Berguna Dan Berbahaya Bagi Kesehatan

Dalam setap bagian tanaman ini memiliki kandungan yang berbeda beda dan bermacam macam. Berikut beberapa kandungan jarak berdasar bagian tanamannya

  • Biji

Pada bagian biji buah jarak mengandung beberapa jenis senyawa seperti asam stearat, gliserin, asam linoleat, asam oleat, ricinoleis acid dan asam isoricinoleic dengan persentase terbesar yaitu sekitar 40 sampai 50%.

  • Daun

Pada bagian daun jarak mengandung vitamin C dan beberapa jenis senyawa seperti rutin, kaemferol, kaemferol 3 rutinosida, isoqueritin, reynoutrin, quercetin, astragalin dan ricine yang berbahaya bagi tubuh karena tergolong sebagai toksin atau zat beracun.

  • Minyak

Pada bagian minyak jarak mengandung beberapa jenis senyawa seperti monoricinolein, nonricinolein, triricinolein, asam dihydro stearat, asam linoleat, asam linolenic, asam stearat, asam palmitit dan ricinoleic acid dengan persentase terbesar yaitu sekitar 80%. Manfaat utama dari minyak jarak ini dapat diolah dan dijadikan sebagai bahan bakar.

Manfaat Daun Jarak Bagi Pria Dan Wanita

Banyak kaum adam yang ingin memiliki alat vital dengan ukuran di atas standart agar dapat memuaskan pasangannya ketika sedang bercinta. Berbagai cara dilakukan bahkan dengan caya yang beresiko seperti mengonsumsi obat-obatan kimia. Padahal daun jarak yang ada di sekitar kita dapat dimanfaatkan untuk hal ini Untuk cara penggunaannya silahkan anda petik beberapa lembar daun jarak tambahkan air perasan jeruk nipis sebanyak 2 buah dan minyak zaitun secukupnya kemudian oleskan pada alta vital anda.

Setiap wanita pasti mengidamkan mempunyai bentuk tubuh yang ideal dan proporsional. Payudara yang kendor dapat diatasi hanya dengan menggunakan ramuan daun jarak. Untuk cara penggunaannya silahkan anda petik beberapa lembar daun jarak kemudian campurkan dengan pisang dan jahe dengan perbandingan 5 : 2 : 1 kemudian haluskan bahan bahan tersebut menjadi satu dan tambahkan sedikit garam. Pastikan bahan tersebut tercampur dengan sempurna kemudian oleskan ramuan tersebut pada area payudara secara merata, biarkan hingga ramuan mengering dan terakhir bilas menggunakan air hangat

Manfaat Daun Jarak Dalam Dunia Kesehatan

Daun jarak mengandung vitamin C dan beberapa jenis senyawa seperti rutin, kaemferol, kaemferol 3 rutinosida, isoqueritin, reynoutrin, quercetin, astragalin dan ricine. Dari kesemua kandungan yang telah disebutkan tersebut hampir semuanya bermanfaat bagi tubuh hanya saja terdapat satu kandungan yang berbahaya bagi tubuh yaitu kandungan ricine yang merupakan zat sejenis racun. Dari beberapa kandungan tersebut maka dapat diketahui manfaat dari daun jarak. Berikut ini beberapa manfaat daun jarak dalam dunia kesehatan

  • Daun jarak berguna sebagai antiseptik

Dengan sifat antiseptiknya daun jarak mampu mengatasi beberapa masalah kesehatan yang timbul pada area kulit seperti gatal gatal, memar, korengan, radang, panu, kadas, kurap atau jenis infeksi lainnya yang disebabkan oleh jamur, virus maupun bakteri. Selain itu daun jarak juga dapat dijadikan sebagai pertolongan pertama jika terjadi luka karena dapat mempercepat pembekuan darah sekaligus membunuh kuman atau bakteri yang ada di sekitar area kulit yang terluka. Untuk cara penggunaannya silahkan anda ambil beberapa lembar daun jarak kemudian tumbuk atau haluskan dan tempelkan pada area kulit yang bermasalah

  • Daun jarak berguna mengatasi masalah pencernaan dan masuk angin

Beberapa masalah pencernaan seperti perut kembung dapat terjadi akibat salah makan atau penyebab lainnya. Untuk mengatasinya anda dapat menggunakan daun jarak sebagai obat herbal yang sangat ampu untuk mengatasi perut kembung. Selain itu daun jarak juga dapat dijadikan sebagai obat alternatif untuk mengatasi masuk angin. Untuk cara penggunaannya silahkan anda petik beberapa lembar daun jarak kemudian panggang di atas api hingga daunnya layu kemudian anda cukup menempelkan daun jarak yang sudah di panggang tadi diatas perut, pinggang atau di area punggung bagi yang menderita masuk angin. Biarkan menempel hingga daunnya terasa dingin dan rasakan manfaatnya bagi tubuh anda.

  • Daun jarak berguna untuk mengatasi susah buang air besar

Pasti kesal rasanya jika terlalu lama di toilet karena susah dalam buang air besar. Masalah susah buang besar merupakan salah satu masalah kesehatan yang dapat terjadi kepada semua orang baik tua maupun muda. Buang ai besar ini disebabkan oleh banyak faktor yang menyebabkan feses menjadi keras dan sulit keluar. Untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa menggunakan daun jarak sebagai obat herbal yang aman. Untuk cara penggunaannya silahkan anda petik beberapa lembar daun jarak kemudian rebus bersama 2 atau 3 gelas air hingga mendidih dan menyisahkan air sekitar satu gelas dan kemudian minum air rebusan daun jarak tersebut secara teratur. Dengan begitu masalah susah buang air besar akan cepat teratasi.

  • Daunjarak berguna sebagai shampo alami

Bagia anda yang memiliki masalah rambut seperti rambut kering, kusut, bercabang dan rambut rontok dapat mencoba ramuan daun jarak yang bisa anda buat sendiri di rumah. Untuk cara penggunaannya silahkan anda petik beberapa lembar daun jarak kemudian haluskan sampai sangat sangat halus agar nantinya mudah dibersihkan kemudian bilas rambut kepala hingga rata dan mencapai kulit kepala sertai dengan sedikit pijatan. Tunggu beberapa saat kemudian bilas rambut kepala menggunakan air bersih atau bila perlu langsung bersihkan dengan keramas.

 

Sumber : sumber manfaat

Join The Discussion